Cari

Cari

Cari

Jumat, 08 Januari 2016

Mengenal Musang Akar

Musang akar
(small-toothed palm civet)

Musang ini memiliki nama lain yang bervariasi. sebut saja small-toothed palm civet dan three-striped palm civet. Hewan dengan nama ilmiah Arctogalidia trivirgata ini beratnya 2,4kg dengan panjang tubuh 53cm serta panjang ekor 58 cm.

Musang akar memiliki rambut pendek seperti bulu karpet yang umumnya berwarna cokelat, sedangkan kepalanya berwarna abu-abu gelap cokelat. Moncong berwarna cokelat dengan garis putih putih memanjang dari hidung ke dahi. Tubuh bagian belakang memiliki tiga garis-garis cokelat yang berbeda di sepanjang tubuh. Hanya musang betina yang memiliki kelenjar perineum, yaitu didekat vulva.

Periode kebuntingan musang akar mencapai 45 hari dengan jumlah anak yang lahir mencapai tiga ekor. Anak musang akan mulai membuka mata pada umur 11 hari dan disapih pada umur dua bulan. Musang akar dapat melahirkan anak dengan frekuensi dua kali dalam setahun.

Di Indonesia sendiri terdapat 3 subspecies dari jenis musang akar.

Pertama Musang akar Sumatra (Arctogalidia trivirgata sumatrana)

Kalo dari ciri fisik moncongnya lebih mancung dan mata nya tidak terlalu belo, warnanya kebanyakan lebih ke abu-abuan.

Kedua Musang Akar Borneo

Dari ciri-ciri fisik paling belo dan lucu mirip agak mirip lemur warnanya cenderung abu kecoklatan walaupun ada juga yang abu. Hidungnya lebih pesek dan gak kalah menggemaskan

Musang Akar Jawa (Arctogalidia trivirgata trilineata)

Dari jenis-jenis musang akar, musang akar jawa ini memiliki penampilan paling indah dan elegan dengan warna bulu agak pirang keputihan seperti memiliki gen hypo.

Sumber artikel : Kaskus dan beberapa sumber terpercaya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar