Cari

Cari

Cari

Sabtu, 09 Januari 2016

Tertarik untuk memelihara musang?

Apa anda tertarik untuk memelihara musang?

Ya sebelum anda mengadopsinya sebaiknya anda memastikannya terlebih dahulu. Perlu anda ketahui kebanyakan musang saat ini yg di jual di pasaran adalah musang hasil alam (liar), yang dimana ketika anda memelihara nya anda harus siap banyak sering berinteraksi dengannya.

Musang tidak seperti hewan peliharaan lainnya yg di mana bisa saja anda cuma memberikannya makan dan minum saja. Musang yg di pelihara harus sering banyak interaksi dalam memeliharanya. Terlebih untuk musang usia muda yg dimana karakter sifat dalam masa proses pembentukan.

Resiko tergigit dan tercakar itu adalah satu paket yg akan anda terima ketika memeliharanya. Wah apa musang-musang yg terlihat jinak itu semuanya masih menggigit? Jawabanya iyaaap..

Karena cara musang bercanda adalah dengan menggigit, tetapi jika dia jinak maka tidak akan terasa sakit menggigitnya bahkan untuk musang berukuran dewasa sekalipun. Gigitan musang saat bercanda memang bukan gigitan menyerang tetapi terkadang agak sedikit ngilu ketika dia sudah agak greget.

Jangan membeli musang galak berusia di atas 4 bulan.

Ya, jangan membelinya jika ada yg menawarkan musang galak dengan usia di atas 4 bulan. Karena musang yg berusia di atas 4bulan karakter sifatnya sudah terbentuk liar di alam dan agak sulit untuk menjinakannya jika anda belum atau tidak mengerti tentang cara penanganan dan pemahaman soal musang itu sendiri. Jadi lebih baik anda mengadopsi musang yg benar benar jinak dan aman untuk anda pelihara.

Apa musang yg jinak dari owner sebelumnya masih dapat jinak ketika pindah ke adopter barunya?

Ya, jika musang itu benar benar jinak maka pindah ke adopter barunya pun bisa di pastikan akan tetap jinak. Hal yg pertama yg perlu anda lakukan ketika baru mengadopsi musang adalah menyiapkan kandang layak untuknya lalu menaruhnya di dalam kandang dan biarkab beberapa jam untuk ia beradaptasi mengenali kandang dan lingkungan barunya, anda cukup memberi sedikit buah buahan dan minuman selama peradaptasian.

Lalu jika musang sudah mulai tenang dan tidak gelisah baru anda bisa memulai interaksi dengannya, membuka pintu kandang dan beri dia makan dengan cara menyuapnya dengan tangan (handfeed).

Biasakan musang untuk berinteraksi dengan keluarga atau teman sekitar anda, harap di biasakan terlebih untuk musang usia muda. Ini dilakukan agar musang tidak bersifat jinak hanya pada ownernya saja (One Man).

Musang tidak pup dan pee di satu tempat.

Ya perlu anda ketahui bahwa dalam membuang kotoran. Musang memang agak sembarang, jadi anda harus siap juga untuk hal ini dimana bisa saja hal itu terjadi di lakukan di kasur atau tempat-tempat yg tidak anda inginkan.
Tapi saya punya tips untuk hal ini.

Biasakan sebelum anda menghandlenya untuk berinteraksi dengan musang anda, sebaiknya anda membawa musang anda ke toilet terlebih dahulu lalu lepas dia agar musang membuang kotorannya. Pada umumnya musang akan membuang kotoran ketika dia di keluarkan dari kandangnya. Dengan anda membawanya ke tolilet terlebih dahulu maka musang akan mengeluarkannya di sana.
Jika sudah maka anda akan nyaman selama menghandlenya.

Nah jika anda sudah benar-benar memastikan untuk memeliharanya maka saya akan merekomendasikan grup online untuk mengadopsi musang yg bernama RAMLI (Rumah Adopsi Musang Lovers Indonesia) https://m.facebook.com/profile.php?id=127038844117488

Apa itu RAMLI (Rumah Adopsi Musang Lovers Indonesia). Adalah sebuah grup yg di buat oleh komunitas MLI (Musang Lovers Indonesia), yg dimana tujuannya adalah mempermudah seseorang untuk dapat mengadopsi musang yg sesuai ia inginkan. Grup ini bersekala nasional jadi semua orang dari daerah manapun bisa mencari musang untuk ia adopsi. Gunakan kalimat (Ingin adopsi) jika ingin membeli dan gunakan kalimat (Lepas adopsi) jika ingin menjual. Dan grup ini melarang keras menjual hewan yg di lindungi (Appendix).

Penulis : Agusli

Tidak ada komentar:

Posting Komentar